Cara Ampuh Bangkit Dari Keterpurukan Hidup

Cara Ampuh Bangkit Dari Keterpurukan Hidup

Dalam menjalani hidup, ada kalanya seseorang mengalami suatu keterpurukan yang sangat menyakitkan. Keterpurukan tersebut bisa disebabkan berbagai macam hal. Bisa disebabkan karena kebangkrutan usaha, hancurnya rumah tangga, gagal masuk universitas, musibah yang datang, dikhianati teman, hutang yang menumpuk, gagal meraih cita-cita, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut memang terasa sangat menyakitkan. Bahkan jika tidak kuat iman, bisa mengakibatkan terjerumus ke dalam hal yang lebih parah lagi. BANGKIT adalah satu-satunya cara untuk lepas dari keterpurukan. Oleh karena itu dalam artikel ini saya menulis hal-hal penting yang harus Anda sadari agar bisa terlepas dari keterpurukan.

1. Cara Dan Tips Bangkit Dari Keterpurukan

Ketika mengalami keterpurukan, biasanya seseorang akan merasa bahwa hidupnya tidak berguna dan menyesali semua yang telah terjadi. Apakah Anda juga begitu? Ayo teman, sadarilah bahwa itu adalah cara yang salah dalam memandang hidup.

Katakanlah saat ini Anda gagal dalam suatu hal, okey fine, itu adalah kenyataan. Namun percayalah, jika anda tidak terlalu larut untuk meratapinya, maka kegagalan itu akan terhenti sampai di situ. Semakin Anda meratapi kegagalan, maka kegagalan itu akan terus menghantui hidup Anda dan semakin membuat kemelut hidup Anda menjadi semakin parah dan rumit. Dari sinilah keterpurukan itu terbentuk.

Benar, saya tidak bohong. Keterpurukan adalah akibat dari kegagalan yang diratapi secara terus menerus. Oleh karena itu sebaiknya hentikan ratapan Anda secepat mungkin. Hentikan meratapi kegagalan dengan cara merubah cara pandang. Berikut saya tulis cara dan tips yang ampuh untuk merubah cara pandang terhadap kegagalan yang terjadi :

Mengakui Kesalahan Anda Dan Ambil Tanggung Jawab

Bagaimanapun, kegagalan tidak akan terjadi kecuali Anda mengizinkan semua itu terjadi. Akui saja kesalahan itu bahwa Anda telah mengizinkan kegagalan itu menimpa Anda. Tidak ada gunanya Anda menyesali atau bahkan meratapi kegagalan itu hingga sangat menyita pikiran dan jiwa Anda. Ambillah tanggung jawab secepat mungkin agar hal-hal yang sedang menimpa Anda bisa segera berhenti menyiksa diri Anda.

Apapun yang menimpa Anda, Anda masih punya satu hak yang harus Anda gunakan sebaik-baiknya dan secepat mungkin. Hak itu adalah HAK BANGKIT. Ya, Anda tidak salah. Berapapun hutang Anda saat ini, berapapun jauhnya ketertinggalan Anda saat ini, berapapun dalamnya kejatuhan Anda saat ini, anda masih punya hak untuk bangkit. Suka tidak suka, kuat tidak kuat, hak itu harus diambil. Percayalah bahwa kebangkitan itu sedang menunggu diri Anda untuk segera mengambil alih dirinya. Kebangkitan itu sedang merindukan senyum Anda kembali. Jadi segera ambil tanggung jawab dan penuhi kerinduan itu. Katakan pada diri Anda! Okey fine, saat ini saya memang gagal tapi saya berani bertanggung jawab dan saya ingin tahu bagaimana akhirnya nanti? Saya akan jadi pecundang ataukah pemenang.

Ambil Pelajaran Dan Fokus Hadap Ke Depan

Ambil pelajaran berharga atas semua yang telah terjadi. Tingkatkanlah rasa syukur kita kepada Allah SWT meskipun saat ini Anda sedang hancur lebur. Apapun yang telah terjadi, Allah masih memberikan umur untuk memperbaiki semuanya. Sadar atau tidak, ada pelajaran yang berharga tersembunyi dibaliknya, pasti. Mungkin Anda tidak menyadarinya sekarang, tapi mungkin nanti.

Jika Anda saat ini menderita kebangkrutan sebesar 1 miliar misalnya, maka bersyukurlah Anda tidak mengalami kebangkrutan hingga 10 miliar sehingga recovery kebangkrutan Anda relatif lebih ringan. Bisa saja kebangkrutan Anda yang 1 miliar itu adalah cara Allah untuk menyelamatkan Anda dari kebangkrutan Anda sebesar 10 miliar atau bahkan 100 miliar yang akan terjadi pada bulan depan. Dan jangan lupa bahwa lebih baik bangkrut daripada mati.

Jika sudah menemukan makna dan pelajaran berharga atas semua yang telah terjadi, maka selanjutnya adalah fokus ke depan. Stop berandai-andai. Andaikan dulu saya begini… Andaikan dulu saya tak melakukan ini…. Bla…bla…bla…. Berhentilah menyalahkan diri Anda di masa lalu karena itu tidak akan menyelesaikan masalah. Itu justru membuat kegagalan akan semakin besar. Berdamailah dengan kegagalan itu dan fokus menghadap ke depan.

Fokus menghadap ke depan bukan berarti melupakan dan lari tanggung jawab atas masa lalu. Melainkan justru agar bisa lebih cepat untuk menebus masa lalu. Dengan fokus menghadap ke depan, maka insyaAllah pikiran akan lebih tenang dan bisa berpikir lebih jernih. Ide-ide cemerlang akan segera bermunculan. Senyum-senyum segar akan segera mempengaruhi tubuh Anda secara keseluruhan. Dan ini adalah modal yang baik untuk terus maju dan selalu optimis dalam melanjutkan hidup.

Anda Sedang Digembleng Menjadi Baja

Anda tahu baja? Saya yakin Anda semua tahu. Lihatlah baja itu, betapa kuatnya dia. Namun apakah Anda tahu bagaimana prosesnya sehingga baja itu bisa menjadi kuat seperti itu? Okey fine, saya tuliskan di sini sekilas tentang proses pembuatan baja. Sebuah logam kuat dan bernilai tinggi yang telah ditemukan 4000 tahun lalu.

Prosesnya dimulai dengan cara bijih besi dibersihkan lalu digiling sampai halus hingga partikel besi dapat dipisahkan dari bahan-bahan yang tidak diperlukan dengan menggunakan magnit. Selanjutnya adalah dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dengan diameter kurang lebih 14 mm. Agar memudahkan dibentuk menjadi bulatan-bulatan, maka ditambahkan tanah liat.

Setelah melalui proses di atas, selanjutnya adalah proses pada dapur tinggi. Bulatan-bulatan kecil tersebut dimasukkan ke dalam dapur tinggi (dapur dengan ketinggian mencapai 100 meter). Dapur ini terbuat dari baja dilapisi batu tahan panas. Pada bagian atas dapur tinggi terdapat corong yang menjadi pintu masuk bahan baku yaitu bijih besi, kokas, dan batu kapur (batuan sedimen). Batuan sedimen berfungsi untuk mengikat bahan-bahan yang tidak diperlukan. Sedangkan kokas merupakan batu bara yang telah diproses (disuling kering) sehingga bisa menghasilkan panas yang tinggi. Udara panas ditiupkan ke dalam dapur tinggi tersebut untuk membakar kokas dengan temperatur 2000 derajat celsius. Cairan besi dan terak turun ke dasar dapur tinggi secara perlahan dan selanjutnya tertuang pada kereta-kereta khusus.

Apakah proses berhenti sampai di sini? Tidak. Proses di atas baru menghasilkan besi kasar. Untuk menjadi baja, diperlukan proses lanjutan yang tak kalah menyakitkan dibandingkan dengan proses awal.

Besi kasar ini kemudian dimasukkan ke dalam dapur baja. Dalam dapur baja, bijih besi tersebut dicampur dengan besi bekas. Setelah itu oksigen yang telah didinginkan dengan air dengan kecepatan tinggi ditiupkan ke cairan logam. Reaksi antara karbon dan kotoran-kotoran akan terjadi dengan cepat dan kemudian membentuk terak yang mengapung pada permukaan cairan. Kemudian dapur dimiringkan agar cairan logam keluar melalui saluran khusus hingga sampai ke tempat penampungan. Kemudian dari sinilah cairan logam tersebut bisa menjadi baja dalam berbagai bentuk yang diinginkan.

Begitulah, betapa menyakitkan dan melelahkan proses dari bijih besi hingga menjadi baja. Sesuatu yang berharga dan bernilai tinggi selalu melibatkan sebuah proses dan gemblengan yang melelahkan. Ambil pelajaran dari proses pembuatan baja tersebut dan jadilah salah satu dari manusia-manusia baja di muka bumi ini. Kalau Anda mampu untuk menjadi baja, buat apa menjadi besi biasa yang lebih lembek? Anda telah berada di titik di mana Anda sekarang berada. Yakinlah bahwa Anda mampu melewatinya dan pastikan Anda keluar sebagai pemenang.

Anda Adalah Seorang Pemberani

Kesalahan-kesalahan atau kegagalan-kegagalan yang Anda alami adalah membuktikan bahwa Anda adalah seorang yang pemberani. Mengapa? Karena jika Anda mengalami kegagalan itu berarti Anda telah berani melakukan atau mengambil tindakan atas sesuatu. Orang yang tidak pernah mengalami kegagalan hanya ada dua kemungkinan sebabnya, yaitu karena keberuntungan dan kepengecutan (tidak pernah berani mengambil tindakan apapun). Anda adalah seorang pemberani. Dan kegagalan sangat tidak pantas untuk disandang oleh seorang pemberani.

Jangan-Jangan Anda Seorang Yang Jenius

Ingatlah ketika Anda mengalami kegagalan, pasti ada suatu sebab yang membuat hal itu terjadi. Misalnya saja begini, Anda terlalu sebuk mengurusi bisnis rintisan Anda sehingga kuliah Anda molor lulusnya atau bahkan sampai drop out. Di mata teman-teman Anda memang akan terlihat bahwa Anda adalah orang yang gagal (dalam hal kuliah). Itu karena mereka hanya membandingkan diri mereka yang telah lebih dulu lulus dengan diri Anda yag sampai saat ini belum lulus atau bahkan drop out. Tapi dikemudian hari, ternyata bisnis rintisan Anda valuasinya jauh lebih berharga dibandingkan selembar ijazah teman Anda tadi meskipun ditambahkan dengan jabatan karir yang berhasil diraihnya dengan bermodal selembar ijazah tersebut.

Ini suatu kejeniusan atau bukan? Jelas IYA. Mungkin saja Anda ditakdirkan menemukan momentum jalan kesuksesan Anda sendiri di saat teman Anda mememukan momentum mengejar selembar ijazah. Lalu apakah secara pribadi saya menganggap ijazah itu tidak penting? Saya jawab PENTING. Suatu saat ijazah itu akan berguna bagi Anda, entah dalam aspek apa. Jadi jika memang memungkinkan, kejarlah ijazah itu meski harus kedodoran dalam mengejarnya. Ingatlah bahwa Anda telah mempunyai aset berharga yang tidak dimiliki teman Anda. Dan itu pantas untuk dibanggakan. Percayalah, teman Anda yang lulus dengan cepat itu belum tentu mampu menjadi seperti Anda.

Jadi curigai diri Anda. Jangan-jangan Anda adalah seorang yang jenius.

Anda Harus Menjadi Peluru Ketapel Yang Melesat Jauh Ke Depan

Anda pernah bermain ketapel? Lihatlah bagaimana dan mengapa peluru ketapel bisa melesat jauh ke depan. Ya benar. Peluru ketapel itu bisa melesat karena karet atau pantil ketapel ditarik ke belakang dan peluru itu berada di ujung belakang. Semakin ditarik ke belakang maka peluru itu akan semakin melesat jauh ke depan. Jadilah seperti peluru ketapel itu. Jadikan keterpurukan Anda menjadi alasan untuk melesat lebih jauh dibandingkan sebelum Anda mengalami keterpurukan hidup. Anda pasti tahu syaratnya bukan? Ya betul. Syaratnya adalah karet atau pantil ketapel itu tidak boleh putus saat ditarik kebelakang. Jika terputus, maka tamatlah riwayat peluru itu. Jadi jangan biarkan keputusasaan menjadikan diri Anda delosor ke dalam keterpurukan yang makin dalam hingga tidak ada kekuatan lagi untuk bangkit dan melesat ke depan.

Ambil Gula Yang Lebih Banyak Untuk Menghilangkan Pahitnya Kopi

Keterpurukan yang melanda tentu akan menimbulkan kerugian yang besar. Baik itu rugi dalam segi waktu maupun biaya. Namun Anda sebaiknya tidak larut memikirkan itu semua. Itu akan menyita perhatian Anda. Menyesal tidak akan ada gunanya. Waktu yang berlalu dan Anda lalui dalam situasi keterpurukan tidak akan pernah bisa kembali. Satu-satunya cara adalah menumbuhkan dendam positif untuk diri Anda sendiri. Dendamlah atas kegagalan Anda. Dendamlah atas kebodohan Anda dalam beberapa tahun terakhir ini.

Okey fine, Anda gagal saat ini. Tapi itu bukan menjadi alasan bagi Anda untuk tidak bisa berbuat atau berkarya dengan jauh lebih baik daripada sebelumnya. Cara menumbuhkan dendam positif adalah Anda harus optimis dan berpikir positif. Rasakan dengan benar betapa sakitnya ketika keterpurukan itu melanda diri Anda. Anda harus dendam atas semua itu dan menjaganya agar dendam tersebut selalu dalam ranah positif. Dendam positif berarti Anda harus bisa menuntaskan dendam itu dengan cara yang positif dan arah yang positif. Yang namanya dendam haruslah tertuntaskan dan melegakan hati sehingga terpuaskan. Rasa pahit hanya bisa diobati dengan rasa manis. Ambil gula yang lebih banyak untuk menghilangkan pahitnya kopi. Raih sukses yang jauh lebih besar untuk menghilangkan pahitnya keterpurukan yang pernah terjadi.

2. Motivasi Bangkit Dari Keterpurukan

Anda harus bisa menemukan motivasi yang kuat yang bisa membantu atau menjadi alasan Anda untuk bangkit dari keterpurukan. Motivasi ini adalah bahan bagi Anda untuk menjadi kembali kuat dan menemukan jati diri Anda yang sebenarnya. Percepatlah kebangkitan itu dengan mengingat-ingat kembali tentang keberhasilan Anda sebelumnya. Ingatlah bagaimana Anda pernah meraih juara satu di dalam kelas. Ingatlah kembali bagaimana Anda pernah membuat karya besar yang tidak semua orang bisa melakukannya. Ingatlah kembali bagaimana orang-orang di sekitar Anda begitu bangga pada Anda telah berhasil membuat mereka bahagia.

Lihatlah bagaimana orang-orang yang tidak suka pada Anda menertawakan Anda atas keterpurukan Anda. Apakah Anda akan membiarkan begitu saja mereka tertawa terus-menerus? Saya yakin jawabannya adalah TIDAK.

Lihatlah betapa orang tua, anak, dan istri/suami Anda merindukan keceriaan Anda. Bayangkan bagaimana nasib mereka jika Anda membiarkan diri Anda terus terjerumus dalam keterpurukan dan delosor secara mengenaskan. Percayalah bahwa Anda masih punya sisa-sisa kekuatan untuk bangkit. Yakinlah bahwa Anda lebih kuat daripada yang Anda kira. Jadikanlah keluarga Anda sebagai motivasi dan alasan yang kuat mengapa Anda harus segera melepaskan diri dari lumpur keterpurukan. Bukankah mereka akan sedih dan ikut malu atas ketololan Anda membiarkan diri begitu saja kalah oleh keadaan. Anda masih punya kesempatan untuk mengubah kesedihan mereka menjadi senyum ceria. Dan itu hanya Anda yang bisa melakukannya.

Ingatlah bahwa ada satu hal yang tidak boleh hilang dari Anda betapapun dalamnya keterpurukan itu melanda. Satu hal itu adalah KEYAKINAN. Selama Anda mempunyai keyakinan yang tak terpatahkan oleh apapun. Maka selamat, Anda masih bisa menolong diri Anda sendiri.

3. Kisah Bangkit Dari Keterpurukan

Banyak sekali kisah-kisah tentang bangkit dari keterpurukan. Setidaknya kisah-kisah ini bisa menginspirasi Anda untuk segera bangkit. Bacalah kisah di bawah ini dan bandingkan dengan diri Anda saat ini. Lebih parah mana posisi mereka dengan posisi Anda saat ini.

Colonel Harland Sanders Pendiri KFC

Image : BusinessInsider.com

Colonel Harland Sanders adalah sulung dari tiga bersaudara. Lahir pada tahun 1890 dari pasangan Wilbur David dan Margaret Ann. Wilbur David bekerja sebagai tukang daging di Henryville. Pada saat Sanders berumur 6 tahun, Wilbur David jatuh sakit dan meninggal.

Setelah Wilbur David meninggal, maka Margaret Ann bertanggung jawab untuk menafkahi keluarga dengan cara bekerja di pabrik pengalengan tomat. Sebagai anak yang paling tua, Sanders harus menjaga sekaligus memasak untuk adik-adiknya yang masih kecil. Dari kebiasaan memasak inilah Sanders secara perlahan menjadi ahli memasak. Baik itu memasak roti, sayuran, maupun daging.

Ketika usia 10 tahun, Sanders bekerja sebagai buruh pada sebuah peternakan di Charlie Norris dan Henry Monk. Ketika Sanders berusia 12 tahun, Margaret Ann menikah lagi dengan seorang pria bernama William Broaddus, lalu kemudian pindah ke Greenwood Indiana. Sayangnya, hubungan Sanders dan ayah tirinya tersebut kurang begitu baik. Ayah tirinya kurang menyukai ada lelaki di sekitarnya. Adik laki-laki Sander dikirim ke tempat tinggal bibinya. Sedangkan Sanders dikirim untuk bekerja di sebuah lahan pertanian yang jauhnya sekitar 80 mil. Sanders menyadari bahwa dia lebih suka bekerja dibandingkan pergi sekolah. Maka ia putus dari sekolah pada saat dia kelas 7 dan menghabiskan waktunya untuk bekerja di lahan pertanian.

Singkat cerita, Sanders berhasil bergabung menjadi Tentara Amerika Serikat setelah memalsukan dokumen mengenai tahun kelahirannya. Setelah mendapat tugas selama satu tahun di kuba, dia diberhentikan secara terhormat dari kesatuan. Setelah diberhentikan dari kesatuan, Sanders pindah tempat tinggal lagi. Kali ini dia menuju pamannya yang ada di Sheffield Alabama. Dan sejak saat itu Sanders berpinda-pindah tempat tinggal dan pekerjaan hingga akhirnya bertemu dan menikah dengan Josephine pada tahun 1909. Setelah menikah, tidak ada perubahan yang signifikan dalam pekerjaan Sanders. Dia berpindah pekerjaan dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Sebagai pemadam api di perusahaan kereta bermesin uap, sebagai pekerja di peternakan, hingga sebagai agen asuransi, semua itu pernah dijalani oleh Sanders.

Pada tahun 1920, Sanders bersama beberapa orang temannya membangun perusahaan patungan. Usaha itu adalah usaha kapal feri. Kapal itu beroperasi di Sungai Ohio. Ternyata bisnis tersebut berkembang dengan pesat dalam waktu yang relatif singkat.

Karena suatu alasan, akhirnya Sander memutuskan untuk keluar dari bisnis patungan tersebut. Setelah itu dia menggunakan uangnya untuk membangun perusahaan lampu asetelin. Ternyata lampu asetelin tersebut tidak mampu meraih sukses karena kalah bersaing dengan lampu elektrik.

Sanders pindah ke Winchester, Kentucky. Di sana dia bekerja sebagai salesman di perusahaan Michelin Tire Company. Pada tahun 1924, Michelin Tire Company menutup pabriknya yang berada di New Jersey dan Sanders kehilangan pekerjaan (ada informasi lain bahwa dia kehilangan pekerjaannya karena membangkang perintah atasan).

Pada tahun 1930 (usia 40 tahun), Shell Oil Company menawarkan kesepakatan bagi hasil dengan Sanders untuk menjalankan sebuah bisnis di stasiun pompa bensin di North Corbin, Kentucky. Suatu ketika, ada seorang pelancong yang mampir di pompa bensin itu dan berkata bahwa belum ada rumah makan yang nyaman dan cocok bagi pelancong di sekitar tempat itu. Sanders yang punya hobi memasak melihat itu sebagai peluang. Sanders mulai mencoba menawarkan masakan ayam goreng bagi para pelancong yang singgah di stasiun pompa. Hal itu menjadikan lokasi stasiun pompa Sanders menjadi terkenal dan akhirnya Sanders mengubah stasiun pompa itu menjadi sebuah restoran lengkap.

Image : BusinessInsider.com

Pada tahun 1935, Ruby Laffoon, seorang Gubernur Kentucky memberi gelar Kolonel pada Sanders. Karena telah berhasil menjadi ikon keramaian di wilayah itu.

Pada tahun 1939 (usia 49 tahun), dia berhasil membuat terobosan besar setelah menemukan resep rahasia yang berisi 11 rempah-rempah yang berbeda untuk masakannya. Restoran Sanders makin terkenal ketika kritikus makanan bernama Duncan Hines berkunjung ke sana. Nama restoran Sanders berhasil masuk dalam Adventures in Good Eating serta menjadi referensi restoran di seluruh Amerika Serikat.

Pada tahun 1940, Sanders sudah berhasil menyempurnakan resep temuannya tersebut.

Pada tahun 1950 (usia 60 tahun), Restoran Sanders mengalami kebakaran. Namun untungnya pemerintah setempat membantunya untuk membangun kembali restorannya karena Sanders dianggap ikut memajukan wilayah tersebut. Pahun 1950, untuk ke-dua kalinya Sanders menyandang gelar Kolonel. Kali ini diberikan oleh seorang Gubernur Kentucky bernama Lawrence Weatherby. Sejak saat itu Sanders mulai berpakaian jas putih dan berdasi Kolonel Kentucky. Dan inilah yang kemudian menjadi logo usahanya.

Pada tahun 1954, terjadi perubahan tata kota. Dan ini bencana bagi Restoran Sanders. Perubahan tata kota ini membuat lokasi usaha Restoran Sanders tidak strategis lagi dan ini mengakibatkan trafik pembeli di Restoran Sanders turun dengan drastis.

Pada tahun 1955 (usia 65 tahun), Sanders bangkrut. Dia mengalami depresi yang sangat berat. Dia ingin mengakhiri hidup karena merasa hidupnya penuh dengan kegagalan, namun dia mengurungkannya. Sebaliknya, dia menulis tentang apa-apa yang ingin diraih dalam hidupnya.

Image : KFC.ca

Akhirnya semangat Sanders membara kembali. Dia teringat bahwa dia masih punya keahlian memasak menggunakan resep racikannya. Dia berkeliling menggunakan mobil tuanya dari kota ke kota untuk menawarkan resepnya dan memperagakan keahlian memasaknya di dalam mobil tua yang dia kendarai. Sanders berkali-kali mengalami penolakan demi penolakan. Dia melakukan ini selama dua tahun dan telah mendengar 1009 kali kata “TIDAK” sebelum mendengar 1 kata “IYA”. Sejak itu, secara perlahan nama KFC melambung tinggi dan meraih sukses besar.

Pada tahun 1963, telah terdapat 600 gerai franchise KFC. Setelah itu, pada tahun 1965 (usia 75 tahun), dia didekati Jhon Y. Brown, Jr., seorang pengacara muda yang agresif, dan seorang kapitalis ventura bernama Jack C. Massey yang ingin membeli hak waralaba KFC. Awalnya Sanders enggan untuk menjualnya, namun setelah didekati berminggu-minggu, akhirnya Sanders setuju untuk menjual hak waralabanya sebesar 2 juta USD dengan kesepakatan-kesepakatan di dalamnya. Dengan kontrak itu, KFC bebas mendirikan restoran sendiri tanpa harus berkompromi dengan resep ayam. Dalam kesepakatan itu juga tertulis bahwa Sanders akan menerima gaji seumur hidup sebesar 40 ribu USD (kemudian naik menjadi 75 ribu USD), satu kursi dewan penasehat, dan kepemilikan saham mayoritas pada KFC Kanada, dan berfungsi sebagai duta merek KFC.

Sebenarnya Sanders enggan untuk menjual perusahaannya. Namun di usia 75 tahun, dia sadar bahwa lebih baik melihat perusahaan berkembang melampaui kapasitasnya.

KFC berkembang dengan pesat dan tersebar hampir di 80 negara. Tidak kurang dari 1 miliar ayam goreng KFC terjual setiap tahunnya. Namun sayangnya Sanders tidak bisa melihat pencapaian ini. Pada tahun 1980 (usia 90 tahun), Sanders terserang leukimia dan meninggal dunia seusai melakukan perjalanan sepanjang 250.000 mil dalam satu tahun kunjungannya ke restoran KFC di seluruh dunia.

Jadi pelajaran apa yang bisa diambil dari kisah hidup Colonel Harland Sanders ini? Jika Anda belum berhasil di usia muda. Mungkin Anda akan sukses besar di usia tua. Dalam kasus kehidupan Colonel Harland Sanders di atas, dia masih bisa menikmati kesuksesan selama 25 tahun. Anda bisa bayangkan jika dia berputus asa dan mengakhiri hidupnya di usia 65 tahun. Tentu dia tidak akan pernah merasakan kesuksesan di dalam hidupnya dan perusahaan KFC tidak akan pernah besar seperti sekarang.

Abraham Lincoln Presiden Legendaris Amerika Serikat

Abraham Lincoln adalah presiden Amerika Serikat yang lahir pada tahun 1809. Dia merupakan salah satu tokoh besar di dunia, terutama bagi rakyat Amerika Serikat. Tapi tahukah Anda bagaimana perjuangannya meraih kursi presiden? Dia harus melewati kegagalan yang berkepanjangan. Dia berkali-kali menderita kekalahan dalam banyak pemilihan. Hingga akhirnya keteguhan hatinya membuahkan hasil, dia berhasil terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke-16. Berikut saya tuliskan poin-poin penting perjalanan Abraham Lincoln untuk meraih kesuksesan.

Pada tahun 1816 (usia 7 tahun), dia harus ikut pergi bekerja dengan ayahnya untuk membantu perekonomian keluarga.
Pada tahun 1818 (usia 9 tahun), ibunya meninggal dunia.
Pada tahun 1831 (usia 22 tahun), dia meninggalkan rumah untuk memulai bisnis namun mengalami kegagalan.
Pada tahun 1832 (usia 23 tahun), dia mengalami tiga kegagalan sekaligus. Pertama, dia mengambil jalur politik dan kalah dalam bersaing untuk memperebutkan kursi legislatif di negara bagian Illinois. Ke-dua, dia kehilangan satu-satunya pekerjaannya yaitu sebagai karyawan di sebuah toko, karena toko tersebut bangkrut. Ke-tiga, dia gagal masuk sekolah hukum.
Pada tahun 1833 (usia 24 tahun), dia meminjam uang kepada seorang temannya untuk memulai bisnis baru dengan membuka suatu toko. Namun bisnis yang dibangunnya tersebut bangkrut. Bahkan dia masih berhutang sebesar $1000. Dalam posisinya saat itu, berarti butuh waktu 17 tahun baginya untuk bisa melunasi hutang tersebut.
Pada tahun 1834 (usia 25 tahun), dia kembali bersaing untuk memperebutkan kursi legislatif di negara bagian Illinois. Di sini dia meraih kemenangan.
Pada tahun 1835 (usia 26 tahun), dia mengalami patah hati karena gadis yang akan dia nikahi meninggal secara tiba-tiba karena radang otak.
Pada tahun 1836 (usia 27 tahun), patah hati yang begitu dalam mengakibatkan dirinya mengalami guncangan jiwa sehingga harus terbaring di tempat tidur sampai 6 bulan lamanya.
Pada tahun 1837 (usia 28 tahun), dia berniat untuk melamar teman lamanya namun lamaran itu ditolak.
Pada tahun 1838 (usia 29 tahun), dia kembali aktif terjun ke dunia politik dan mencoba untuk menjadi juru bicara dewan legistalif negara bagian. Di sini dia mengalami kekalahan.
Pada tahun 1840 (usia 31 tahun), dia mencoba memperebutkan kursi anggota dewan legislatif kota. Di sini dia kembali mengalami kekalahan.
Pada tahun 1843 (usia 34 tahun), dia menjadi kandidat dewan kongres. Di sini dia mengalami kekalahan.
Pada tahun 1846 (usia 37 tahun), dia kembali menjadi kandidat dewan kongres. Di sini dia meraih kemenangan.
Pada tahun 1848 (usia 39 tahun), dia menjadi kandidat pemilihan ulang dewan kongres. Di sini dia kehilangan kursinya.
Pada tahun 1949 (usia 40), dia memutuskan untuk kembali ke rumahnya di Springfield. Di sana dia melamar untuk jabatan komisioner kantor pertanahan. Di sini dia mengalami kekalahan.
Pada tahun 1854 (usia 45 tahun), dia menjadi kandidat pemilihan anggota dewan senat Amerika serikat. Di sini dia mengalami kekalahan.
Pada tahun 1856 (usia 47), dia mencoba untuk menjadi nominasi wakil presiden pada konvensi nasional Partai Republik. Di sini dia hanya menerima 110 suara dan itu berarti dia mengalami kekalahan.
Pada tahun 1858 (usia 49 tahun), dia kembali menjadi kandidat dewan senat. Di sini dia mengalami kekalahan.
TETAPI, pada tahun 1860 (usia 51 tahun), Abraham Lincoln berhasil memenangkan pemilihan terbesar dari semua sejarah kegagalannya, yaitu ketika rakyat Amerika Serikat memilihnya untuk masuk ke Gedung Putih sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-16.

Pelajaran apa yang bisa diambil dari kisah Abraham Lincoln ini? Kegagalan demi kegagalan bukanlah suatu aib atau sesuatu yang memalukan. Terus melangkah tanpa melumpuhkan mimpi-mimpi merupakan cara terbaik untuk menebus setiap kegagalan yang terjadi. Karena satu keberhasilan besar dapat menutup sakitnya proses dan kegagalan yang harus dilalui selama bertahun-tahu

Albert Einstein Sang Penemu Teori Relativitas

Albert Einstein dilahirkan pada tahun 1879 di Ulm, Kerajaan Wuettemberg, Prusia Raya (sekarang Jerman). Albert Einstein lahir sebagai putra sulung dari pasangan Hermann Einstein dan Pauline Koch. Pada tahun 1880, bisnis ayahnya di bidang perdagangan kasur bulu mengalami kebangkrutan. Keluarga Einstein pindah ke Munich. Di kota ini, Hermann bersama adiknya mendirikan perusahaan instalasi gas dan air.
Saat kecil, Albert Einstein nampak terbelakang serta mengalami keterlambatan dalam hal kemampuan berbicara. Suka bermain seorang diri dan berwatak pendiam. Karakternya adalah pemarah dan suka melempar barang-barang, termasuk ke arah adik perempuannya.

Pada usia 5 tahun, Albert Einstein terbaring lemah karena sakit. Untuk menemaninya, ayahnya memberi hadiah kepadanya sebuah kompas. Albert Einstein kecil sangat terpesona oleh keajaiban kompas tersebut. Dia membulatkan tekad untuk membuka tabir rahasia mengenai keagungan dan kebesaran alam. Dari sinilah kecintaannya pada bidang ilmu fisika muncul. Namun hingga pada usia 7 tahun, dia masih mengalami kesulitan dalam hal kemampuan berbicara.

Di sekolah, Albert Einstein tidak suka bermain dengan teman-temannya. Tapi di sisi lain, dia sangat berprestasi dan menjadi juara kelas. Walaupun begitu, orang melihat keanehan pada matematika Albert Einstein. Di sela-sela menghabiskan waktunya untuk bersekolah dan mendalami ilmu sains, Albert bermain musik dan berduet dengan ibunya memainkan musik-musik karya Mozart dan Bethoveen.

Albert Einstein menyelesaikan kuliahnya dengan baik. Namun profesornya mengatakan bahwa dia tidak akan mendapatkan pekerjaan yang baik karena suka melamun. Dan benar saja, dia tidak menadapatkan pekerjaan sesuai yang diimpikannya.

Dia kemudian bekerja sebagai sales asuransi, sebuah pekerjaan yang dia nilai sendiri bahwa itu adalah pekerjaan yang sia-sia karena pekerjaan itu bukanlah pekerjaan yang dia impikan dan tidak cocok bagi dirinya. Dia kecewa dengan dirinya sendiri dan mengirim surat kepada keluarganya bahwa lebih baik dia tidak pernah dilahirkan sama sekali.

Hermann Einstein (ayah Albert Einstein) kemudian mengirim surat kepada temannya yang seorang profesor agar bersedia menjadikan Albert Einstein sebagai Research Assistent. Namun sayangnya posisi tersebut sedang tidak dibutuhkan saat itu. Hingga akhir hanyatnya, Hermann Einstein menganggap bahwa anaknya adalah seorang yang gagal karena sampai saat itu juga belum mempunyai pekerjaan yang layak.

Dengan bantuan temannya, Einstein muda akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan baru yaitu sebagai petugas paten (paten’s clerk). Karena otaknya yang jenius, Albert Einstein mampu menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat daripada waktu yang dibutuhkan. Dengan begitu dia masih mempunyai banyak waktu luang setiap harinya untuk kembali mendalami dunia fisika dan memikirkan tentang keagungan dan kebesaran alam semesta.

Dengan waktu luang itu, Albert Einstein memanfaatkannya untuk menulis paper. Sejarah membuktikan bahwa Albert Einstein berhasil menulis banyak paper, di mana paper-paper ini akhirnya bisa mengubah dunia. Pada tahun 1905, dia menemukan dan mengungkapkan teori relativitasnya yang pertama. Teori ini adalah teori yang melambungkan namanya. Singkat cerita, pada tahun 1909, Albert Einstein diangkat sebagi profesor di Universitas Zurich.Pada tahun 1915, dia menyelesaikan teori relativitasnya yang ke-dua. Pada tahun 1921, Albert Einstein meraih penghargaan tertinggi atas usaha kerasnya sejak kecil, yaitu berupa hadiah Nobel Fisika.

Pelajaran apa yang bisa diambil dari kisah Albert Einstein ini? Apapun ketertinggalan yang dialami seseorang bukanlah lambang dari sebuah kegagalan. Terus melakukan dan mendalami di bidang yang yang dicintai merupakan cara terbaik untuk menjadikan pribadi unggul serta mampu membuktikan diri dalam meraih kesuksesan.

Nelson Mandela Presiden Pertama Kulit Hitam Afrika Selatan

Nelson Mandela dikenal sebagai tokoh pejuang anti Apartheid dari Afrika Selatan. Dia adalah Presiden Afrika Selatan pertama yang berkulit hitam. Dia identik dengan pakaian batik saat berada di pentas internasional. Itu adalah lambang terima kasihnya pada Negara Indonesia atas dukungan terhadap perjuangannya dalam menuntut persamaan hak antara kulit hitam dan kulit putih.

Ketika itu terjadi kesenjangan keadilan yang sangat jauh antara kulit hitam dan kulit putih. Segala sesuatu hanya boleh dikuasai oleh orang kulit putih. Padahal warga di Afrika Selatan mayoritas adalah orang kulit hitam. Bahkan warga kulit hitam dilarang untuk mengenyam pendidikan. Hal itu menjadi alasan bagi Nelson Mandela untuk melakukan pemberontakan dan berjuang untung menuntut kesetaraan hak.

Tahukah Anda? Penderitaan dan perjuangan itu harus dilaluinya dalam waktu yang tidak sebentar. Nelson Mandela harus menerima penderitaan di dalam penjara selama 27 tahun yang dilakukan oleh lawan politiknya. Di sana dia diisolasi dari dunia luar. Dalam enam bulan, dia hanya boleh menerima dan mengirim satu surat saja. Dan dalam satu tahun, dia hanya boleh menerima satu kali kunjungan dan dalam waktu yang terbatas, yaitu hanya 30 menit. Dia di tempatkan di dalam sel tanpa dipan, ransum yang tersedia sangat minim hingga dia kelaparan sepanjang waktu, siksaan fisik, teror mental, kerja paksa, dan rasa kesepian yang mencekam dalam waktu yang lama.

Pada tahun pertama Nelson Mandela dimasukkan ke dalam penjara, ibunya meninggal dunia. Dan beberapa bulan kemudian, anak sulungnya tewas dalam suatu kecelakaan. Mungkin inilah yang paling menyakitkan bagi Nelson Mandela, karena dia tidak diizinkan untuk menghadiri saat proses pemakaman dua orang yang sangat dicintainya. Kekejaman rezim musuh politiknya tidak berhenti sampai di situ, ketika putri bungsunya lahir, Nelson Mandela baru diizinkan bertemu dengan putrinya tersebut ketika berumur 17 tahun. Sungguh penderitaan yang luar biasa.

Perjuangan Nelson Mandela dimulai pada tahun 1944, saat dia bergabung dengan Partai Kongres Nasional Afrika (ANC). Di partai ini, karir Nelson Mandela melesat tinggi. Terbukti dalam kurun waktu 6 tahun, dia sudah menduduki posisi sebagai wakil presiden partai ANC. Rezim kulit putih sangat khawatir dengan kemajuan ini, maka akhirnya Nelson dimasukkan ke penjara di kepulauan robben (seperti pulau nusakambangan) dengan alasan perbuatan makar. Siksaan yang begitu pedih harus dilaluinya di dalam penjara dalam waktu yang sangat lama.

Rezim kulit putih sangat menginginkan Nelson Mandela berubah menjadi sosok yang lemah dan menyerah dalam perjuangannya. Namun apa yang terjadi? Bukannya menjadi lemah, justru Nelson Mandela menjadi sosok yang lebih berkulitas. Semakin hari dia semakin berubah menjadi pribadi yang baru, mentalnya semakin kuat, dan kepribadiannya semakin menawan.

Penjara mengubah pribadi Nelson Mandela yang awalnya kurang sabar dan suka mengambil resiko secara nekat berubah menjadi pribadi yang lebih matang dan bijaksana. Dia mengambil cara pandang transedental sehingga tidak lagi melihat sesuatu secara materi. Dia melihat penjara dengan cara pandang yang berbeda dengan orang pada umumnya. Dia menganggap penjara sebagai sebuah ruang kelahiran baru baginya, bukan lagi sebagai ruang siksaan dan kematian. Dia tidak pernah mengemis belas kasihan pada sipir penjara agar mendapat perlakukan yang lebih baik meskipun sering mendapat perlakuan yang tidak manusiawi. Dia anti untuk bersikap cengeng. Dia sangat tenang dan tidak pernah terpancing untuk bertindak sesuatu yang bisa menjatuhkan martabat dan harga dirinya sebagai seorang manusia. Dia lebih menggunakan hatinya untuk menghadapi semua itu. Tidak jauh beda dengan Mahatma Ghandi, dia lebih memilih jalur perlawanan moral. Dia tidak memilih jalur hukum untuk melawan ketidakadilan terhadap dirinya. Dia tetap sabar dalam ketenangan dan kewibawaan. Justru dengan itu, sipir penjara melunak kekejamannya dan tunduk pada kewibawaan Nelson Mandela.

Cahaya kewibawaan moral terpancar dengan kuat pada diri Nelson Mandela. Pancaran cahaya ini mampu menembus dinding-dinding penjara dan melesat jauh hingga ke suluruh Afrika Selatan.

Di dalam penjara, Nelson selalu meyakinkan dirinya sendiri bahwa suatu saat nanti akan bebas. Dan benar saja, pada tahun 1990, Nelson Mandela bebas dari penjara dan dapat kembali memimpin kaumnya. Dan kemudian pada tahun 1992, dia terpilih menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan. Pada tahun 1994, dia mendapat penghargaan berupa hadiah Nobel Perdamaian dari PBB.

Apa pelajaran yang bisa diambil dari kisah Nelson Mandla ini? Apapun yang menimpa seseorang bisa menjadi jalan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih matang dan kuat. Memandang penderitaan dengan cara yang berbeda adalah cara terbaik untuk mengubah tekanan menjadi kematangan. Jangan selalu memandang sesuatu dari sisi materialistis, ambillah jalur transedental agar lebih kuat dalam menjalani keterpurukan hidup.

Steve Jobs Sang Pendiri Apple

Steve Jobs lahir pada tahun 1955 dengan nama Abdul Latief Jandali. Dia lahir dari pasangan Abdul Fattah Jandali dan Joanne Simpson. Ayahnya adalah seorang mahasiswa tamu asal Syria hingga akhirnya menjadi seorang Profesor Ilmu Politik. Sejak bayi, Steve Jobs diadopsi oleh pasangan Paul dan Clara Jobs. Pasangan orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs.

Ketika remaja, Steve Jobs kuliah di Reed College. Namun setelah menghabiskan banyak uang untuk kuliah (uang dari orang tua angkatnya), Steve Jobs malah ingin berhenti kuliah karena merasa tidak mendapatkan apa-apa dari kampusnya. Ironisnya, orang tua angkatnya juga bukan orang yang banyak harta. Namun Steve Jobs masih tetap pada keputusannya yaitu berhenti kuliah. Walaupun sebenarnya dia tidak benar-benar berhenti kuliah secara keseluruhan. Dia hanya masuk kuliah pada mata kuliah yang disukainya saja, khususnya mata kuliah tentang tipografi. Walaupun sebenarnya dia sendiri tidak tahu apa manfaat dari mata kuliah tipografi tersebut. Dia tidur dengan cara menumpang di kamar kos temannya.

Kisah sukses Steve Jobs dimulai saat dia berumur 20 tahun. Dia bersama temannya, Steve Wozniak, mulai membangun bisnis dan diberi nama Apple. Mereka berdua membangun bisnis tersebut dari sebuah garasi kecil. Mereka berdua sangat antusias dan sangat mencintai bisnisnya. Tidak butuh waktu lama, hanya butuh waktu 10 tahun bagi Steve Jobs dan Steve Wozniak berhasil mengubah Apple menjadi sebuah perusahaan dengan nilai 2 miliar USD serta memiliki 4000 karyawan. Saat itu, Apple mempunyai produk andalan yang diberi nama Macintosh atau yang lebih dikenal dengan Mac.

Perlu Anda ketahui bahwa Mac adalah produk komputer pertama yang menggunakan berbagai macam tipografi. Dari sini, Steve Jobs baru menyadari manfaat dari mata kuliah kesukaannya tentang tipografi 10 tahun yang lalu. Nama Apple semakin populer sebagai perusahaan pembuat komputer. Pencapaian ini diluar dugaan mereka berdua. Steve Jobs dan Steve Wozniak sadar bahwa pencapaian ini bermula dari solidnya mereka berdua dalam menjalankan bisnis.

Sayangnya, ketika Steve Jobs telah berhasil membesarkan Apple, dia harus dipecat dari perusahaan yang dibangunnya sendiri (usia 30 tahun). Ketika itu terjadi perbedaan pendapat antara Steve Jobs dan para petinggi Apple lainnya. Pihak komisaris pun tidak melakukan pembelaan atau dukungan kepadanya. Hal ini sangat menyakitkan bagi Steve Jobs, bagaimana mungkin dia harus dipaksa keluar dari perusahaan yang dibangunnya sendiri karena perbedaan pendapat? Tapi dia lebih memilih untuk tetap pada pendiriannya dan lebih memilih untuk menerima pemecatan atas dirinya dari Apple.

Setelah keluar dari Apple, Steve Jobs merasa dirinya sudah gagal dan jatuh dalam karirnya. Tapi Steve Jobs lebih memilih bangkit dan tidak membiarkan dirinya terlalu lama dalam kejatuhan. Setelah terpuruk selama 5 tahun, dia kembali membangun perusahaan baru. Dia membangun perusahaan bernama NeXT. NeXT merupakan perusahaan teknologi komputer yang difokuskan untuk kebutuhan riset. Perusahaan ini tumbuh dengan pesat dan berubah menjadi perusahaan yang besar (meskipun belum sebesar Apple). Dari sini, Steve Jobs menyadari bahwa dipecat dari Apple merupakan jalan dan takdir terbaik baginya. Steve Jobs juga sempat terjun di bisnis animasi dan perfilman dengan membeli perusahaan The Graphics Group yang kemudian diubah namanya menjadi Pixar.

Di sisi lain, Apple mengalami masa-masa sulit di mana pasar PC dikuasai oleh Microsoft dengan sistem operasi andalannya yaitu Windows. Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Apple memutuskan untuk membeli NeXT dan Pixar agar bisa menarik kembali Steve Jobs ke Apple.

Setelah kembali ke Apple, Steve Jobs berupaya keras menyelamatkan Apple dari kebangkrutan. Dia bersama Steve Wozniak berusaha mengintegrasikan UNIX-based NeXTstep dengan Mac OS untuk diterapkan di PC Macintosh. Dari sini lahirlah sebuah PC baru yang mengusung konsep all in one PC yang bernama iMac. iMac ini dibuat dengan target pasar pengguna pribadi dan pendidikan. iMac mulai dipasarkan pada tahun 1998 dan menuai kesuksesan besar. Apakah Anda tahu bahwa salah satu faktor kesuksesan iMac justru karena Steve Jobs menjalin kerjasama dengan perusahaan pesaingnya yaitu Microsoft yang saat itu menguasai pasar PC pribadi.

Langkah yang diambil Steve Jobs ini ternyata tepat, terbukti langkah ini mengantarkan Apple menuai keberhasilan karena dalam waktu singkat iMac berhasil merebut perhatian pasar menjadi pintu keberhasilan untuk produk-produk Apple berikutnya yaitu iBook, iPod, dan iPhone.

Pelajaran apa yang bisa diambil dari kisah Steve Jobs ini? Kadang kejatuhan seseorang bukanlah suatu kegagalan jika masih orang itu mampu mempertahankan integritasnya. Kadang yang disebut kegagalan bukanlah hal yang fatal dan akhir dari segalanya. Itu adalah waktu untuk beristirahat sejenak untuk mengumpulkan tenaga baru guna menghadapi tantangan yang lebih besar dan meraih kesuksesan yang lebih gemilang daripada sebelumnya.

Okey, demikian tulisan saya tentang cara ampuh bangkit dari keterpurukan hidup. Semoga bisa membantu Anda untuk segera bangkit dari keterpurukan hidup dan meraih kesuksesan yang lebih gemilang daripada sebelumnya.

Silahkan baca tulisan saya yang lainnya. Always, Be Out Of The Box.

Leave a Reply