Ingin Membangun Blog? Baca Dulu 20+ Insight Dasar Dalam Membangun Blog

Apakah Anda ingin membangun blog? Apakah Anda memiliki ide besar untuk membuat blog tersebut menjadi besar dan dibaca banyak orang? Perlu diketahui bahwa pada saat ini mempunyai ide besar saja tidaklah cukup. Mengapa? Karena begitu banyak sekali blog yang ada di internet ini. Jika Anda membangun blog yang biasa-biasa saja, maka blog Anda akan sulit dikenali orang. Orang akan kesulitan membedakan blog Anda dengan begitu banyaknya blog yang lainnya yang isinya hampir sama dengan isi blog Anda. Maka hindarilah membangun blog yang biasa. Anda harus membangun blog yang berbeda. Untuk itu, Anda juga harus menjadi orang yang berbeda. Dari sinilah Anda akan mendapatkan perhatian pembaca. Dan jika blog Anda bagus, maka pembaca tersebut akan berubah menjadi pembaca yang setia.

Ingatlah! Kunci kesuksesan dari sebuah blog adalah kesetiaan pembaca, TITIK. Apakah kuncinya hanya satu itu saja? Jawabannya adalah IYA.

Anda perlu kekuatan, kecerdasan, kecerdikan, dan tekad yang bulat untuk mendapat perhatian pembaca. Berjuanglah untuk merubah perhatian mereka menjadi sebuah cinta. Hingga mereka akan selalu merindukan artikel terbaru dari blog Anda. Berikut saya tulis 22 insight dasar dalam membangun blog mulai dari mindset hingga taktik agar blog Anda mendapatkan basis pembaca yang setia dan meraih sukses besar.

1. Jadilah Diri Sendiri Jika Ingin Membangun Blog Yang Sukses

Bagaimana agar blog Anda punya pembaca yang setia? Blog Anda harus mempunyai ciri khas. Itulah hal yang paling penting bagi orang yang ingin membangun blog. Ciri khas yang ada pada blog Anda akan muncul berdasarkan karakter diri Anda sebagai penulisnya. Maka jadilah diri-sendiri! Jangan ikut-ikutan! Dengan menjadi diri sendiri, maka Anda akan bisa memunculkan hal-hal yang tidak ada pada blog lainnya. Blog Anda akan mempunyai keunikan tersendiri. Dalam bisnis ini disebut dengan istilah diferensiasi. Keunikan ini akan membentuk suatu segmentasi tersendiri. Bukankah segmentasi pada awalnya terbentuk karena ada sebuah keunikan yang mempunyai penggemar? Jadi tugas utama Anda adalah bagaimana caranya keunikan itu bisa mempunyai penggemar. Silahkan Anda amati sendiri dan ambil kesimpulan sendiri. Hal itu berlaku pada segmentasi produk apapun. Selama produk itu mempunyai penggemar, maka segmentasi akan terbentuk sendirinya.

Oh ya, sebelum kita bahas lebih lanjut, sebenarnya apa sih definisi dari blog itu? Mungkin pendapat Anda akan berbeda-beda. Tapi bagi saya pribadi blog adalah suatu media yang berisi teks, gambar, dan video untuk menyampaikan pemikiran di media internet baik itu bersifat independen maupun terikat dan memungkinkan untuk saling berinteraksi antara penulis dan pembaca. Definisi ini bisa berubah sejalan dengan perkembangan teknologi internet itu sendiri. Ada yang punya pendapat lain? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Okey fine, kita kembali pada topik utama, yaitu tentang insight ketika ingin membangun blog.

Jika saat ini Anda telah berhasil mengenali diri sendiri serta berkomitmen menjadi diri sendiri saat ingin membangun blog. Maka selamat, Anda telah berada di posisi dan keadaan yang tepat untuk memulai blog Anda. Semua blog besar dimulai dengan ide bagus, ya tentu saja. Tapi percayalah, membangun blog menjadi besar adalah sebuah perjalanan panjang. Komitmen untuk menjadi diri sendiri mutlak diperlukan dalam menempuh perjalanan tersebut. Jika tidak, kemungkinan besar Anda akan patah arang dan terkapar di tengah jalan secara mengenaskan.

2. Membangun Blog Dengan Niche Spesifik VS Niche Gado-Gado

Lalu, lebih baik mana antara membangun blog yang sangat spesifik dengan membangun blog gado-gado? Baik blog spesifik ataupun blog gado-gado sama-sama mempunyai peluang untuk menjadi blog besar. Namun secara pribadi, saya sarankan Anda untuk membangun blog secara spesifik, meskipun tantangannya akan lebih besar. Karena tidak semua yang ada dalam pikiran Anda bisa Anda masukkan ke dalam blog.

Tantangannya lainnya adalah Anda harus menguasai dan mengetahui secara mendalam tentang niche blog yang Anda Pilih. Namun kuncinya kembali pada tulisan di atas, yaitu keunikan atau khas, dan keunikan itu muncul dari diri Anda sendiri. Percuma jika Anda membangun blog spesifik namun isinya hampir sama dengan blog spesifik (sejenis) lainnya. Cobalah Anda berfikir di benak pembaca. Mengapa saya harus membaca blog ini? Apa istimewanya sehingga saya kembali lagi dan membaca blog ini? Hal ini berlaku juga pada blog gado-gado. Intinya adalah blog Anda harus mempunyai perbedaan dibandingkan dengan blog lainnya yang sejenis.

Apakah Anda berfikir bahwa blog Anda harus lebih baik dibandingkan blog orang lain yang sejenis? Jawabannya adalah TIDAK HARUS. Ya betul, tidak harus. Ingat ini bukanlah sebuah perlombaan lari marathon di mana yang terdepan di garis finish adalah pemenangnya. Dan ini juga bukanlah sebuah pertandingan tinju di mana harus berduel satu sama lain untuk mencari pemenangnya. Untuk dihargai (dibaca) orang banyak, suatu blog tidak harus dibandingkan dengan blog lainnya dan mencari mana yang terbaik. Tapi berfikirlah tentang dua hal, bahwa blog Anda akan menjadi pelopor atau pelengkap dari blog lain. Itu saja.

Salah satu cara untuk menemukan model yang ideal untuk blog Anda adalah dengan melihat blog-blog besar kemudian diadaptasi dan disesuaikan dengan blog Anda berdasarkan karakter Anda secara pribadi. Dengan cara ini maka akan menghasilkan suatu blog yang unik dengan model dan racikan yang tepat. Ingatlah selalu bahwa blog Anda merepresentasikan diri Anda dan Anda adalah isi dari blog Anda. Semakin senang orang membaca isi blog Anda, maka mereka akan semakin mencari tahu siapa sebenarnya diri Anda.

3. Ingin Membangun Blog Dengan Benar? Pastikan Pembaca Memahami Tulisan Anda

Setelah mengetahui model dan racikan yang tepat, langkah selanjutnya adalah mencari cara dan menyusun kata yang tepat agar tulisan Anda mudah dipahami oleh pembaca blog Anda. Penyusunan kalimat yang baik dan benar adalah cara cerdas dalam mempertahankan loyalitas pembaca blog Anda. Penyampaian kalimat yang baik dan benar akan menjadikan blog Anda dicintai banyak orang. Konten blog Anda yang begitu dahsyat tidak akan ada artinya jika pembaca tidak mampu menyelami lebih dalam apa makna sebenarnya dari konten tersebut.

Penulisan yang ringan dan sederhana merupakan cara yang paling tepat untuk menumbuhkan loyalitas pembaca. Bagaimana dengan tampilan blog? Tampilan blog hanyalah berfungsi dalam hal kesan dan kenyamanan pembaca. Sebagian besar pembaca tidak peduli dengan tampilan blog. Mereka lebih memilih blog yang penuh dengan konten yang berbeda dan bermanfaat. Mungkin yang perlu dipertimbangkan dari tampilan blog adalah pastikan mata mereka tidak mudah pedih saat membaca isi blog Anda (hindari penggunaan warna yang sangat mencolok).

Tapi sekali lagi itu bukanlah suatu prioritas utama dalam membangun sebuah blog. Sebagian blogger pemula terlalu sibuk mempertimbangkan ini dan itu tentang tampilan sebuah blog yang akan dia bangun. Hingga hal itu menyita banyak waktu dan akhirnya blog yang dia bangun tidak ada tulisan apapun. Kosong.

4. Background Diri Anda Adalah Senjata Anda Dalam Membangun Blog

Kelanggengan dan kesuksesan suatu blog tentu ditentukan oleh siapa yang ada dibaliknya, yakni Anda sebagai penulisnya. Oleh karena itu sesuaikanlah rencana blog Anda dengan siapa diri Anda, passion Anda, pengetahuan Anda, pengalaman Anda, background pendidikan Anda, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena jika blog yang Anda bangun tidak sesuai dengan diri Anda, maka Anda tidak akan pernah bisa mengeksplorasi lebih dalam tentang apa yang akan Anda tulis dalam blog.

Saya mencontohkan diri saya sendiri. Saya adalah orang telah memulai berinvestasi di bidang nama domain sejak tahun 2012. Saya sangat suka berinvestasi di bidang ini. Bagaimana tidak, dengan modal Rp.100.000 saja (harga satu domain dot com ketika itu), saya sudah bisa mulai melakukan investasi (sebelumnya, saya adalah blogger sejak tahun 2009). Maka blog yang sedang Anda baca ini akan saya fokuskan pada topik investasi domain. Meskipun akan banyak juga artikel tentang bisnis (lebih umum) di blog ini, namun Anda akan menemukan bahwa fokus dari blog ini adalah tentang investasi domain.

Artikel bisnis yang ada di blog ini hanyalah bertujuan untuk menarik banyak pengunjung dari berbagai kalangan, khususnya kalangan pebisnis dan entrepreneur. Dengan kata lain bahwa artikel bisnis yang ada di blog ini fungsinya adalah sebagai penunjang. Kebetulan saya sangat suka dengan dunia bisnis secara umum. Apapun bisnisnya, bagi saya itu adalah topik menarik bagi saya untuk dibahas.

Pada saat ini (khususnya di Indonesia) masih belum begitu banyak orang yang tertarik di bidang investasi nama domain. Melihat fakta tersebut, maka jika dalam blog ini hanya berisi konten yang membahas tentang investasi domain tanpa menulis artikel yang bersifat umum, maka akan kesulitan menjangkau pengunjung di luar komunitas investor atau calon investor domain. Bukankah salah satu elemen kesuksesan blog adalah trafik? Dan tanpa menjangkau pembaca umum, maka akan kesulitan untuk mendapatkan trafik yang banyak, dan seperti yang saya katakan tadi bahwa investor domain di negeri ini belum begitu banyak. Harapan saya, dari artikel bisnis yang lebih umum ini dapat menarik pembaca untuk membaca juga artikel inti dari blog ini yaitu tentang investasi domain yang menurut saya masih kurang populer di Indonesia. Yang terpenting adalah kita tidak kehilangan esensi utama dari fokus blog kita. Toh masih dalam satu niche, yaitu niche bisnis. Saya yakin Anda paham maksud saya. Jadi silahkan sesuaikan sendiri dengan tema blog Anda.

Background pendidikan Anda juga bisa menjadi senjata ampuh untuk menarik perhatian pembaca agar mereka mempercayai tulisan Anda. Di Indonesia ini, background pendidikan masih sangat penting dalam mementukan kata-kata Anda akan didengar atau tidak. Suka tidak suka, setuju tidak setuju, itu adalah fakta.

“Saya gak punya punya gelar pendidikan apa-apa nih. Lah terus piye?

Jangan khawatir. Gunakan keunggulan atau power lainnya. Misalnya pengalaman dan keahlian, sebagaimana saya contohkan dengan diri saya di atas.

“Saya juga gak punya keahlian apapun nih. Saya bisa menggila.”

Waduh. Jangan menggila dulu! Sebaiknya Anda pergi ke rumah makan atau warung terdekat. Makan. Dan tulis saja bagaimana rasanya. Jadi deh.. Blog.

5. Tentukan Alasan Anda Ingin Membangun Blog Apa?

Blog yang sedang Anda bangun harus mewakili alasan atau tujuan awal mengapa Anda ingin membangun blog tersebut. Jadi dalam hal ini blog tersebut haru bisa menjadi alat yang tepat bagi Anda untuk menghasilkan uang atau keuntungan. Anda harus mendefinisikan di mana posisi Anda dan kemudian tentukan dengan jelas tujuan Anda ingin membangun blog. Tujuan ini harus jelas di awal mula Anda mulai membangun blog agar blog Anda berada dalam kategori yang tepat. karena berbeda kategori maka akan berbeda pula esensi nya.

Setidaknya terdapat 3 kategori blog, yaitu Blog Perusahaan, Blog Biasa, dan Blog Personal. Namun perbedaan dari ketiga kategori blog ini sangatlah tipis. Bahkan sebagian orang akan mengatakan tidak ada perbedaan. Namun setidaknya saya akan menjabarkan ketiga perbedaan tipis tersebut.

Blog Perusahaan

Jika Anda mempunyai usaha di bidang tertentu, Anda bisa memanfaatkan blog Anda sebagai media untuk mengenalkan dan memasarkan produk perusahaan Anda. Dengan media blog, sangat memungkinkan bagi Anda untuk menjabarkan produk-produk perusahaan Anda secara mendetail dan lengkap hingga pembaca paham dengan produk tersebut. Anda bisa memanfaatkan blog Anda untuk menggiring pikiran pembaca agar tertarik dengan produk-produk perusahaan Anda. Blog jenis ini biasa disebut Blog Perusahaan. Tujuan dari Blog Perusahaan adalah untuk menggiring pembaca agar menjadi pelanggan. Oleh karena itu konten Blog Perusahaan akan dipenuhi dengan konten yang berisi promosi atau review produk secara mendalam. Meskipun tentu saja tidak seluruh konten akan berisi hal tersebut. Karena jika seluruh konten berisi promosi dan review produk, maka akan membuat pembaca menjadi bosan dan meninggalkan Blog Perusahaan tersebut. Namun dapat dipastikan bahwa Blog Perusahaan tidak akan menulis atau mereview suatu produk selain produk dari perusahaan tersebut. Hal ini akan sangat berbeda dengan Blog Biasa maupun Blog Personal di mana pemilik blog bebas menulis atau mereview suatu produk dari perusahaan manapun meskipun pada saat yang sama juga mereview produk saingan yang sejenis dari perusahaan lain. Blog Perusahaan biasanya tidak dikelola oleh satu orang. Melainkan dikelola oleh tim yang telah dibentuk oleh perusahaan. Akibatnya rasa emosional antara pembaca dan penulis kurang maksimal dan terkesan kaku.

Blog Biasa

Blog Biasa mempunyai tujuan yang sedikit berbeda dengan blog perusahaan. Blog Biasa dibangun oleh satu orang atau lebih tanpa ikatan dari perusahaan atau pihak manapun. Blog Biasa bisa saja berisi review produk atau ulasan tentang suatu hal yang layak diulas. Namun karena tidak terikat oleh pihak manapun, maka isi tulisan dalam blog tersebut biasanya lebih terbuka dan transparan. Selain review produk tertentu, blog jenis ini biasanya berisi tulisan tentang tutorial, informasi, tips, cara, dan lain sebagainya. Tujuan dari blog biasa ini tentu saja untuk menghasilkan sesuatu yang berharga, sebut saja uang. Meskipun banyak juga yang berkata mereka membangun blog tujuannya adalah untuk berbagi. Namun percayalah, pada akhirnya mereka akan menggunakan blog tersebut untuk menghasilkan uang pada waktunya nanti.

Blog Personal

Blog Personal hampir sama dengan Blog Biasa, yaitu bersifat bebas dan independen. Namun dari segi tujuan, Blog Personal memiliki sedikit perbedaan dalam hal kecenderungan. Blog Personal mempunyai kecenderungan sebagai media untuk memasarkan diri bagi penulisnya. Istilah dalam bisnis adalah Personal Branding. Blog Personal bisa saja berisi tentang review produk, cara, ulasan, analisa, tips, story, dan lain sebaginya. Hal itu sah-sah saja untuk menghasilkan uang yang melimpah atau sekedar untuk mempertahankan agar blog tersebut mampu bertahan dan tetap hidup. Karena pada kenyataannya, suatu blog memang membutuhkan biaya tertentu agar bisa survive. Hal itu tak terkecuali pada Blog Personal. Namun jika diamati, Blog Personal akan cenderung berisi eksplorasi tentang diri si pemilik blog. Baik itu skill-nya, mindset-nya, passion-nya, kehidupannya, dan lain sebagainya. Blog Personal biasanya menggunakan domain dengan nama asli atau panggilan pemilik blog dan ditulis oleh satu orang saja, yaitu pemilik blog itu sendiri. Jika kebetulan pemilik blog personal tersebut memiliki sebuah perusahaan, maka dapat dipastikan bahwa blog personal tersebut akan digunakan sebagai alat promosi perusahaannya sendiri. Dan itu sah-sah saja.

6. Membangun Blog Harus Dengan Perencanaan Matang

Blog yang dibangun untuk sesuatu hal yang menghasilkan harus dimulai dengan rencana jangka panjang. Karena blogging merupakan aktivitas lari marathon, bukan lari sprint. Banyak sekali orang yang ingin mendapatkaan untung besar dari sebuah blog, dan untuk menggapai tujuan itu seorang blogger tidak bisa dilepaskan dari tiga hal, yaitu kecerdasan, kesediaan untuk bekerja keras, dan pemahaman dasar tentang dunia per-blogging-an.

Sayangnya, hanya sedikit orang yang berhasil bertahan dan meraup untung dari sebuah blog yang mereka bangun. Sebagian besar dari mereka justru gagal dan berhenti di tengah jalan. Terkapar. Ada dua alasan yang mendasar ketika sesorang gagal mempertahankan blognya.

Alasan yang pertama adalah karena harapan yang tidak realistis tentang cepatnya jumlah visitor dan uang yang mereka dapat. Rata-rata mereka mengharapkan visitor akan tumbuh secepat kilat dan uang akan mengalir dengan sangat mudah ke rekening mereka. Padahal hal ini tentu saja suatu hal yang mustahil. Akibatnya jika harapan ini tidak terpenuhi, maka yang akan muncul adalah rasa kecewa yang menghancurkan semangat untuk melanjutkan pengembangan blognya.

Alasan yang ke-dua adalah kurangnya perencanaan. Perencanaan yang matang akan berperan besar dalam menentukan sukses atau tidaknya suatu blog. Perencanaan tersebut bisa berisi target pembaca, topik, nama domain, platform, hosting, cara monetisasi, dan lain sebagainya. Dari sisi Anda, tanyakan pada diri Anda berapa jam yang mampu Anda luangkan setiap harinya untuk menjamin blog tersebut bisa tetap hidup. Jika Anda merapa kesulitan untuk membagi waktu dan menganggap menulis di blog adalah sesutu beban yang luar biasa besar, saya sarankan agar ANDA MUNDUR.

Jadi, kuncinya adalah membuat rencana yang matang dan kemudian mematuhi rencana yang sudah dibuat.

7. Ingin Membuat Blog Menjadi Besar? Jangan Pelit!

Memasarkan blog tak kalah pentingnya untuk memastikan kesuksesan suatu blog. Banyak sekali blogger yang menghabiskan waktunya untuk menulis di blog mereka tanpa melakukan pemasaran blog. Menulis dan memposting secara rutin memang hal yang mendasar dalam menjaga blog agar tetap bertahan, namun apalah artinya jika banyak tulisan di dalam blog Anda namun tak ada yang membacanya. Oleh karena itu jangan pelit untuk mengalokasikan waktu atau budget tertentu untuk memasarkan blog Anda. Lebih parahnya lagi, ada sebagian blogger yang hanya untuk beli domain saja pelit.

Memasarkan blog bisa saja dalam bentuk membeli backlink, jasa SEO, iklan di FB Ads, dan lain sebagainya. Tapi tentu saja tetap harus cermat dan efektif dalam memasarkan blog, mengingat biaya pemasaran adalah salah satu biaya yang paling banyak menyedot budget dalam bisnis apapun, tak terkecuali dalam dunia blogging. Namun perlu dicatat, jika blog Anda sudah besar dan memunyai banyak pengunjung, uang bisa mengalir dengan deras ke rekening Anda. Blog yang sudah terkenal dan besar bisa berubah menjadi mesin uang yang menguntungkan. Jika sudah begitu, pahitnya perjuangan dan pengorbanan akan berubah menjadi manisnya aliran uang. Suara ketikan dari keyboard laptop Anda di tengah malam yang hening dan dingin akan berubah menjadi suara “klerk” perputaran mesin ATM di pagi hari yang indah di tengah hangatnya senyuman mentari.

8. Membangun Blog Itu Harus Tahan Banting, Biar Saya Saja!

Sebenarnya banyak sekali para blogger pemula yang ingin menjadi blogger profesional, namun tidak semua blogger pemula tersebut akan sukses bermetamorfosis menjadi blogger profesional. Kebanyakan dari mereka akan berhenti dengan status permanen sebagi kepompong. Padahal jika mereka mampu melewati proses dan menikmati kesulitan blogging sedikit lagi saja, bukan tidak mungkin mereka akan keluar sebagai pemenang dan berhasil terbang selayaknya kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong yang menyakitkan. Hanya orang yang tahan bantinglah yang akan lolos dari kemelutnya sebuah kepompong.

Jadi, tahan banting adalah syarat mutlak jika Anda ingin membangun blog yang sukses. Makanya jangan bermimpi membangun blog yang besar jika tidak tahan banting. Biar saya saja! Biarkan mereka saja yang rela menerima sakitnya proses dan tahan banting yang pantas memiliki blog yang besar! Hanya orang yang membangun blog dengan hatilah yang akan keluar sebagai kupu-kupu yang indah. Tanpa komitmen dan meluangkan waktu secara kontinyu, sangat mustahil akan berhasil dalam membangun blog yang besar. Komitmen itu butuh cinta. Komitmen itu pengorbanan. Sedangkan cinta dan pengorbanan itu butuh hati.

9. Pilih Platform Blog Yang Tepat Untuk Membangun Blog

Lalu, adakah yang bertanya tentang apa sih platform blog terbaik? Tentu saja jawabannya adalah tidak ada. Karena jawabannya adalah sangat subyektif. Mengapa kita mempertanyakan lebih baik mana tongkat atau pedang pada Sun Go Kong? Karena pasti dia akan menjawab lebih baik tongkat. Mengapa kita mempertanyakan lebih baik mana tongkat atau pedang pada Bukek Sian Su? Tentu saja dia akan menjawab pedang. Anda pasti mengerti maksud saya. Intinya, cobalah dengan berbagai platform blog dan anda akan mengerti keunggulan dan kekurangan tiap platform. Lalu tanyakan pada diri Anda sendiri, mana platform yang cocok dengan diri Anda. Sekali lagi, jadilah diri sendiri! Karena manusia itu diciptakan secara spesifik. Pilihan orang belum tentu cocok dengan kita, begitu juga sebaliknya.
Okey fine, kita kembali ke dunia persilatan, eh sorry..maksud saya dunia per-blogging-an.

10. Gabung Dengan Komunitas Online

Untuk menjadikan blog kita dikenal banyak orang. Anda perlu mengikuti berbagai forum atau komunitas, baik itu forum tentang topik blog Anda maupun forum tentang blogging itu sendiri. Banyak sekali forum-forum seperti ini. Misalnya Ads.id, Kaskus, DigitalPoint, dan lain sebagainya. Dengan kecerdikan, Anda akan dapat menggiring mereka untuk mengunjungi blog Anda dan mengenal lebih jauh tentang blog Anda. Jika blog Anda bagus, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan blog Anda pada teman-teman mereka. Bahkan Anda akan diajak kerjasama dengan mereka.

11. Pastikan Bahan Baku Melimpah

Sebenarnya membangun blog itu tidak jauh beda dengan membangun sebuah usaha manufaktur. Ketersediaan bahan baku menjadi salah satu pertimbangan pertama dalam sebelum membangun usaha. Hal itu juga berlaku dalam membangun blog. Bahan baku yang saya maksud di sini adalah bahan yang akan menjadi bahan tulisan Anda. Dalam membangun blog, ide tulisan tidak boleh habis di tengah jalan. Lalu bagaimana cara melihat bahan baku tersebut tersedia secara melimpah atau tidak?

Cara yang pertama adalah dengan mengecek isi otak Anda. Apa yang sering Anda pikirkan? Apa hal menarik yang menyita pikiran Anda hingga berhari-hari? Apakah yang Anda pikirkan ini akan bisa Anda jadikan sebuah tulisan yang menarik? Apakah yang sering Anda pikirkan ini masih bisa dieksplorasi lebih dalam atau lebih luas? Silahkan Anda mencari jawabannya dan mengambil kesimpulan sendiri tentang ketersediaan bahan baku blog di otak Anda.

Cara yang ke-dua adalah dengan cara melihat lingkungan di sekitar Anda. Apakah hal-hal di sekitar Anda bisa dijadikan bahan tulisan untuk blog Anda? Jika bisa, maka Anda sudah memiliki bahan baku yang terdekat untuk memproduksi artikel dan memasukkan ke dalam blog Anda.

Bagaimana? Sudah menemukan dua hal tersebut? Jika iya, maka selamat! Anda telah menemukan niche blog Anda.

12. Bersiaplah Begadang Demi Menghindari ‘Kopassus’

Pada tahap awal membangun blog. Anda harus siap dan rela begadang demi mengisi blog Anda. Saya yakin Anda akan mengalami sedikit kesulitan dalam membuat artikel di saat-saat awal membangun blog (termasuk saya). Oleh karena itu saya berpikir sebaiknya Anda menyiapkan diri dari pagi untuk menulis artikel dan selesaikan hari itu juga. Bila tidak selesai, maka begadanglah hingga artikel tersebut selesai. Mengapa demikian? Karena jika tidak diselesaikan pada hari itu juga, maka ide-ide dan arah tulisan bisa melenceng dari tujuan awal tulisan. Kecuali jika Anda bersedia untuk mengulik-ngulik kembali tulisan Anda tersebut dari awal paragraf. Oleh karena itu bersiaplah untuk begadang demi menyelesaikan tulisan tersebut secara utuh dan siap diterbitkan ke dalam blog pada hari itu juga. Pengorbanan Anda atas begadang ini lama kelamaan akan semakin jarang hingga akan hilang sama sekali seiring dengan semakin mahir dan cepatnya Anda dalam menulis sebuah artikel untuk blog Anda.

Ibarat tanaman yang baru ditanam, blog baru butuh siraman artikel yang masif agar dia dapat bertahan hingga bisa berdiri kokoh. Siraman hari ini tidak bisa ditunda besok pagi. Dan siraman tidak boleh putus hanya sampai besok pagi. Ada bererapa teman blogger yang mengatakan bahwa sebaiknya blog baru diberi sekitar 5 artikel dan diendapkan sambil menunggu index. Saya pribadi tidak terlalu setuju dengan ungkapan tersebut. Mengapa harus berhenti di 5 artikel? Bukankah kita bisa menunggu index sambil terus menulis? Jadi terus saja menulis sekuat tenaga dan seluang waktu yang Anda punya.

Hindari ‘kopassus’. Apa itu Kopassus? Kopassus adalah Kopi Paste Suka-Suka. Pada saat Anda ingin membangun blog dan berada di tahap awal, biasanya godaan terbesar adalah keinginan untuk melakukan copy paste dari blog orang lain. Hal ini tentu dipengaruhi oleh rasa sulit yang Anda rasakan saat merangkai kata untuk postingan di blog. Hindari ini atau jerih payah Anda yang lewat jalan pintas itu akan sia-sia. Kemudian Anda akan terkapar dan kandas di tengah jalan secara mengenaskan. Kerugian yang akan Anda rasakan adalah kerugian waktu dan tenaga. Jika Anda tertarik dengan isi artikel di blog orang lain, maka Anda harus menangkap poin utamanya lalu menulis ulang menurut versi dan gaya penulisan Anda. Konten ‘kopi paste suka-suka’ hanya akan membunuh blog Anda dari dalam dan dari luar. Cepat atau lambat, hal itu akan Anda rasakan. Jadi Anda harus siap begadang demi menyelesaikan artikel Anda dan hindari kopassus.

13. Buatlah Judul Yang Memicu Emosi Alias Kontroversial

Pada dasarnya, seseorang lebih cepat bereaksi jika emosinya tersulut atau terpancing. Gunakan judul artikel yang menyulut emosi mereka. Tidak harus menimbulkan kemarahan, namun cukup memicu emosi mereka untuk bertindak cepat dan segera melakukan klik ke link postingan Anda. Judul yang memicu emosi akan bisa menutup logika normal. Yang awalnya tak ingin membaca segera berubah pikiran untuk segera membaca.

Jika ternyata postingan Anda sangat menggelitik dan berbenturan dengan pendapat mereka. Maka ada dua kemungkinan yaitu mereka akan segera meninggalkan blog Anda atau mereka justru malah ingin membaca blog Anda secara keseluruhan.

Jika pembaca Anda kebetulan adalah orang yang tidak suka atau tidak mampu berdebat, biasanya mereka akan segera memilih opsi yang pertama.

Tapi jika pembaca Anda kebetulan orang yang sudah biasa berdebat dan beradu argumen, kemungkinan besar mereka akan memilih opsi yang ke-dua dan dilanjutkan dengan mengisi komentar pada kolom yang tersedia. Mereka akan merasa geli dan gelisah jika tidak menulis komentar di blog Anda. Terlebih jika mereka tidak setuju dengan isi postingan Anda dan mempunyai pendapat sendiri dan merasa lebih kuat dari pada Anda dari sisi argumentasi. Mereka tidak akan membiarkan begitu saja denyut-denyut kontra yang sedang bergentayangan di kepala mereka.

Jika pembaca Anda lebih banyak yang memilih opsi ke-dua, maka bersiaplah kebanjiran komentar. Dan ini sangat bangus untuk perkembangan blog Anda. Namun satu hal yang perlu Anda sadari, Anda harus bertanggung jawab setiap artikel yang Anda tulis, terutama pada postingan yang kontroversial. Setidaknya bertanggung jawab untuk menjawab secara bijak disertai argumen yang baik dan kuat.

Bagaimana jika saya tidak menjawab komentar pembaca atas tulisan saya yang kontroversial?

Tidak ada masalah. Ingatlah bahwa blog adalah media menulis bebas tanpa intervensi. Pendapat Anda tidak harus sama dengan pendapat orang lain. Selama postingan Anda tidak merugikan orang lain dan Anda merasa itu adalah kebenaran, santai saja.

14. Jawab Semua Komentar Yang Masuk

Komentar yang masuk pada blog Anda merupakan perhatian dan reaksi dari pembaca Anda. Baik itu berupa sanggahan, dukungan, maupun pertanyaan. Hargailah perhatian itu dengan menjawab semua komentar mereka. Anda harus mampu menjawab dengan cara yang bijak jika komentar mereka berlawanan dengan pendapat Anda.

Ingatlah bahwa pembaca blog Anda adalah konsumen Anda. Itu berarti mereka adalah raja. Tanpa mereka, blog Anda ibarat produk tanpa konsumen alias produk yang tidak laku. Banyaknya komentar yang masuk merupakan indikasi bahwa isi blog Anda sangat menarik bagi mereka. Jika isi blog Anda tidak menarik, mustahil mereka mau menyempatkan diri untuk menulis komentar. Komentar mereka adalah penghargaan mereka terhadap tulisan Anda. Jadi, balaslah komentar mereka dengan jawaban yang berharga pula.

15. Jalin Hubungan Baik Dengan Blogger Lainnya

Jika Anda ingin membangun blog yang sukses, sebaiknya Anda menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Selain bermanfaat untuk saling bertukar pengalaman, Anda akan mendapatkan suasana yang lebih segar dalam membangun blog karena Anda menemukan teman dengan hobby yang sama. Salah satu cara yang paling populer untuk saling mengenal antara sesama blogger adalah dengan cara saling berkomentar satu sama lain di dalam blog.

Saya sangat sarankan Anda untuk rajin berkomentar pada blog-blog yang satu niche dengan blog Anda. Jika Anda beruntung menemukan blog yang DoFollow, maka Anda akan mendapatkan backlink yang menguntungkan.

Kalau ternyata blognya NoFollow, rugi dong menulis komentar. Piye?”

Gak juga, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan kok. Yaitu Anda masih bisa mendapatkan potensi kunjungan jika ada orang yang melakukan klik pada nama Anda di kolom komentar yang Anda tulis. Oleh karena itu tulislah komentar yang berkualitas dan relevan dengan konten yang sedang Anda beri komentar. Hindari berkomentar singkat “Good post”, “Joss gandos derodos”, “Mantap gan”, “Menarik”, dan lain sebagainya. Cobalah berkomentar yang mengesankan bahwa Anda sudah membaca isi artikel secara keseluruhan. Buatlah orang penasaran dengan Anda lalu mengunjungi blog Anda melalui link Anda di dalam komentar tersebut.

16. Pilih Domain Yang Bagus

Ini adalah poin yang sangat menarik bagi saya pribadi, karena saya adalah seorang domainer. Pemilihan domain adalah hal yang sangat-sangat penting sebelum Anda membangun blog. Pemilihan domain yang tepat sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kesuksesan blog. Berikut adalah tips dari saya untuk Anda dalam memilih domain yang bagus :

Pilih Domain Yang Berekstensi Dot Com (. Com)

Usahakan sebisa mungkin domain yang akan Anda gunakan untuk membangun blog adalah domain dengan ekstensi dot com (jika masih tersedia). Mengapa? Karena ekstensi dot com adalah domain yang paling populer. Percayalah Anda akan sangat diuntungkan dengan kepopuleran dot com ini. Ketika orang ingat tentang nama domain, ingatan pertama langsung tertuju pada dot com. Dan ini akan berefek besar jika Anda menyadarinya. Bahkan saat Anda mempromosikan blog Anda secara offline, Anda tidak perlu menyebutkan ekstensi domain. Karena secara otomatis dipikiran mereka adalah dot com.

Berbeda jika Anda menggunakan ekstensi selain dot com, Anda harus selalu menyebutkan ekstensi tersebut. Misalnya dot net, dot org, dot info, dot id, dan lain sebagainya. Tanpa menyebutkan ektensi tersebut, maka pikiran mereka akan beranggapan bahwa blog Anda adalah dot com. Dan ini tentu akan merugikan Anda. Karena mereka akan menuju blog orang lain (dot com), bukan blog Anda. Jika Anda sudah kehilangan kesempatan untuk menggunakan ekstensi dot com sesuai nama pilihan yang diinginkan, Anda bisa menggunakan ekstensi lain yang jika digabungkan akan menjadi perpaduan kata yang menarik saat dibaca. Misalnya Omong.in, BagiBagi.in, dan lain sebagainya. Ini akan membantu pengunjung blog Anda dalam mengingat nama blog Anda.

Domain Keyword Atau Domain Brand, Pilih Mana?

Domain Keyword adalah domain yang mengandung kata kunci sesuai isi dan niche blog. Domain keyword mempunyai banyak keuntungan dalam hal SEO. Blog yang menggunakan domain keyword akan lebih mampu bersaing dibandingkan domain yang tidak mengandung keyword jika keduanya berada dalam kondisi netral (tanpa optimasi apapun).

Sedangkan Domain Brand adalah domain yang biasanya tidak mengandung keyword tapi mewakili suatu brand tertentu. Jika Anda memiliki suatu perusahaan dan memegang brand tertentu maka saya sarankan Anda menggunakan domain Brand. Konsekuensinya adalah Anda harus bersusah payah dan harus mengeluarkan dana berlebih atau upaya berlebih dalam hal SEO dan promosinya.

Jika Anda ingin membangun blog personal, maka pilihan terbaik adalah menggunakan nama sendiri. Karena tulisan Anda bisa membantu Anda dalam membangun brand personal Anda. Tulisan Anda (jika sangat berkualitas) akan langsung menjadi representasi bagi diri Anda. Orang akan langsung mengasosiasikan kualitas blog tersebut dengan diri Anda. Satu action multi impact. Enak bukan?

Pilih Domain Yang Mempunyai Metrik Bagus

Anda ingin membangun blog dengan serius? Pilihlah domain dengan metrik yang bagus meskipun Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Jangan pelit untuk membeli domain yang berkualitas. Karena ini akan sangat membantu Anda. Berpikirlah bahwa ini adalah investasi awal yang bagus dan tepat saat Anda mulai membangun blog.

Secara pribadi, saya telah banyak sekali menjual domain dengan metrik tinggi (high DA PA, dulu : PageRank). Kebanyakan blogger pemula merasa enggan untuk memulai blognya dengan domain metrik tinggi dengan alasan harganya lebih mahal. Padahal harga mahal tersebut hanyalah di awal saja, untuk perpanjangan di tahun ke-dua dan seterusnya adalah sama dengan biasa. Jadi sebenarnya merawat domain bagus dan tidak bagus biayanya adalah sama.

Cobalah renungkan, Anda membeli domain murah yang tidak berkualitas lalu dalam perkembangannya Anda harus mengeluarkan biaya banyak untuk meningkatkan metrik domain Anda. Ini akan memperboros waktu dan biaya serta belum tentu berhasil. Kadang berbagai upaya telah diupayakan namun metrik domain masih tetap rendah. Jadi mengapa tidak menggunakan langsung yang sudah bermetrik tinggi?

Hindari Angka Dan Tanda Hubung

Usahakan domain yang Anda gunakan tidak mengandung angka dan tanda hubung. Karena ini sangat menyulitkan bagi calon pengunjung dalam mengetikkan nama domain Anda. Selain itu nama domain yang mengandung angka dan tanda hubung akan sulit diingat. Kalau diingat saja sulit, mungkinkah mereka akan mau mengetikkannya ke dalam browser?

Semakin Pendek Domain Semakin Bagus

Domain yang terlalu panjang akan sangat menyita waktu saat mengetikkannya ke dalam browser. Dalam pengamatan saya, hampir semua blog besar mempunyai domain yang pendek. Bahkan jika Anda bisa menemukannya, pilihlah domain yang hanya terdiri dari satu kata.

Tapi perlu dicatat! Tips yang satu ini hanya sebagai tips tambahan. Bisa Anda ikuti atau Anda abaikan. Terutama bagi Anda yang sedang ingin membangun blog personal dengan menggunakan nama pribadi, maka langung abaikan saja tips yang satu ini. Ikuti saja ejaan nama Anda.

17. Pilih Hosting Yang Terbaik

Kualitas dari hosting di mana tempat blog Anda berada ikut berperan besar pada kesuksesan blog Anda. Anda bisa bayangkan jika seseorang mengunjungi blog Anda lalu tiba-tiba blog Anda tidak bisa diakses, loading lambat, atau bahkan error. Maka tentu kredibilitas blog Anda akan terancam. Dan jika ini terjadi berkali-kali maka basis pembaca yang telah susah payah Anda bangun akan hancur berkeping bagaikan gelas yang dibanting ke lantai. Anda tentu tak ingin hal itu terjadi kan? Oleh karena itu Anda sebaiknya memilih hosting yang terbaik meski harganya relatif lebih mahal.

18. Pilih Template Yang Ringan Dan Loading Cepat

Template atau Theme yang Anda gunakan sebaiknya adalah template yang mempunyai kecepatan loading yang tinggi. Pilihlah template yang ringan agar loadingnya cepat saat diakses oleh pengunjung. Blog dengan loading yang lambat alias lelet bin lemot akan berpotensi ditinggalkan pegunjung selama-lamanya akibat rasa jengkel yang mereka alami. Selain itu, template yang ringan dan loadingnya cepat akan dipandang baik di mata search engine.

19. Riset Keyword

Banyak blogger yang mengabaikan hal ini. Saya sendiri dalam beberapa artikel juga mengabaikan hal ini. Riset keyword sebenarnya bukan hal yang wajib dilakukan oleh seorang blogger. Terutama blogger-blogger pemula. Bagi blogger pemula, bisa konsisten untuk terus menulis di dalam blog saja sudah bagus sebagai langkah awal dalam membangun blog. Namun agar blog Anda bisa menjadi sebuah blog besar, saya sarankan untuk selalu riset keyword. Riset keyword sendiri berfungsi untuk memastikan bahwa tulisan yang akan Anda tulis ada pencarinya atau pembacanya.

20. Tanam Backlink

Anda ingin menaikkan metrik domain blog Anda? Tanamlah backlink. Anda ingin mendorong agar postingan blog Anda berada di halaman depan Google? Tanamlah backlink. Backlink sangatlah penting bagi blog Anda agar diperhitungkan di mata search engine. Backlink bisa ditanam melalui kolom kementar jika kebetulan blog yang Anda beri komentar merupakan blog DoFollow. Jika Anda mau menyisihkan budget tertentu untuk membeli backlink dari situs yang berauthority tinggi, itu adalah hal yang sangat bagus (recommended). Meski terlihat memboroskan uang, namun jika feedback dan hasilnya sangat besar, mengapa tidak?

21. Hargai Hak Cipta Demi Menjaga Integritas Blog

Banyak blogger yang mengabaikan perihal hak cipta ini. Biasanya adalah dalam hal penggunaan gambar. Mereka dengan seenaknya mengambil gambar tanpa menuliskan sumber gambar. Usahakan Anda menghindari hal itu. Hal ini akan berdampak buruk bagi blog Anda dalam jangka panjang (terutama jika Anda ingin membangun sebuah Authority Blog).

Jika mengambil gambar dan bersumber pada blog tertentu, maka tulislah sumbernya sebagai penghargaan bagi si pemilik gambar. Jika tak ingin blog Anda terkesan kotor atau tampilan terganggu gara-gara tulisan kecil di bawah gambar postingan Anda tersebut, maka gunakanlah gambar sendiri. Anda bisa mengambil gambar secara langsung dengan obyek di sekitar Anda dengan menggunakan ponsel atau kamera profesional. Atau solusi lain adalah dengan menggunakan gambar Creative Commons (CC0). Yaitu gambar yang bebas digunakan tanpa harus menyebutkan sumber atau credit gambar.

Dalam blog saya ini (mahadwicaksono.com) saya pastikan bahwa gambar yang saya pakai dalam blog ini adalah gambar Creative Commons (CC0). Saya mempunyai sekitar 50.000 gambar CC0 yang siap saya gunakan untuk keperluan gambar dalam blog ini. Atau jika saya harus mengambil gambar dari situs lain, maka akan saya tulis situs sumbernya. Jadi, jika Anda menemukan gambar yang saya gunakan dalam blog ini adalah sebuah pelanggaran hak cipta. Jangan sungkan untuk memperingatkan saya. Saya dengan senang hati akan menghapusnya dan menggantinya dengan gambar yang lain.

22. Selalu Rajin Mengembangkan Diri

Pengembangan diri dari waktu ke waktu adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Pengembangan diri yang berkelanjutan menjadikan diri Anda meningkat secara kualitas. Jangan bosan untuk mendalami sesuatu yang Anda sukai. Selama itu positif, lakukan saja dan pelajari secara mendalam. Semakin sering Anda mencoba dan mengeksplorasi hal-hal baru yang terkait dengan dunia yang Anda geluti, maka keahlian Anda akan semakin meningkat.

Keahlian adalah sesuatu yang dilakukan berulang-ulang dengan rasa suka cita dan konsisten. Keahlian tidak bisa datang dalam waktu semalam. Bahkan jika Anda benar-benar ingin menjadi ahli dalam bidang Anda. Maka Anda butuh waktu 10.000 (sepuluh ribu) jam agar Anda menjadi orang yang benar-benar Ahli dalam bidang Anda. Jadi berusahalah untuk selalu mengembangkan diri Anda. Pastikan ilmu dan wawasan Anda terus bertambah dari waktu ke waktu. Dengan begitu tulisan di dalam blog Anda akan semakin berkualitas.

Okey, itulah secara garis besar insight yang harus Anda ketahui jika ingin membangun blog yang sukses. Dan jangan lupa untuk menentukan dengan jelas arah blog Anda agar tidak tersesat di tengah jalan.

Silahkan baca tulisan saya yang lainnya. Always, Be Out Of The Box

Leave a Reply